Wednesday, July 22, 2015

Sejarah Ringkas Valentino dan Asal Mula Tradisi Perayaan Hari Valentine


"Sejarah Ringkas Valentino dan Asal Mula Tradisi Perayaan Hari Valentine"

Oleh: Yoki Wahidin
Bandung, Juli 2015

Bismillahir Rahmannir Rahim... Assalamu 'alaikum, Wr, Wb... "Apa itu Hari Valentine !!?". Sahabat Berbagi dan Bersilaturahmi, tentu telinga kita sudah tidak asing lagi dengan kata Valentine, setiap tahun dari setiap pelosok daerah banyak yang merayakan Hari Valentine, Setiap negara pun mengenal dengan perayaan hari valentine ini, tanpa terkecuali dinegara-negara islam, di negara islam seperti indonesia pun banyak orang yang ikut merayakan hari valentine, tanpa mengetahui apa itu hari valentine, tanpa mencari tahu bagaimana asal mulanya sejarah perayaan hari valentine, melalui artikel singkat ini, insya Alloh ane akan sedikit berbagi informasi tentang asal mula dan sejarah ringkas perayaan hari valentine. Allah SWT Berfirman dalam Ayat suci Al-Qur'an, "Dan jika kamu menuruti (mengikuti) kebanyakan orang-orang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)." (Q.S.Al-An'am:116) Sahabat Berbagi dan Bersilaturahmi yang selalu ane hormati, perayaan hari "kasih sayang" yang dirayakan oleh orang-orang Barat pada tiap tahun dibulan februari yang mereka sebut "Valentine Day" sangat populer, meriah, dan merebak bahkan sampai ke Indonesia, Malaysia, dan negara² islam lain nya. Lebih-lebih lagi apabila menjelangnya tanggal 14 Februari di mana-mana banyak kita temui simbol-simbol atau iklan-iklan yang tidak Islami, dengan tujuan untuk mengekspos (mempromosikan) Valentine dan kemeriahannya.

Berbagai tempat hiburan, tempat perbelanjaan, hotel-hotel, organisasi-organisasi maupun kelompok-kelompok, ramai dan berlomba-lomba menawarkan acara untuk merayakan memeriahkan Valentine. Dengan dukungan media masa seperti surat kabar, radio maupun televisi, bahkan sebagian besar orang Islam juga turut merayakannya karena terpengaruh dengan kepopuleran, kemeriahan, dan semaraknya iklan-iklan Valentine Day tersebut. Padahal sebagai orang muslim sudah sepatutnya kita mengetahui serta mencari tahu, apa itu Valentine dan bagaimana asal usulnya..!?.

"SEJARAH RINGKAS VALENTINE"

Sungguh merupakan hal yang ironis (menyedihkan / tidak sepatutnya terjadi) kepada orang muslim apabila kita sendiri turut serta dan ikut memeriahkan dalam perayaan Valentine tersebut tanpa mengetahui sejarah Valentine itu sendiri. Valentine itu sebenarnya adalah seorang martyr (pejuang) Nasrani dermawan yang bernama Valentino, namun karena dianggap melakukan kesalahan kepada kerajaan romawi akhirnya dia dibunuh (mati / gugur) maka oleh orang-orang Nasrani dia diberi gelar Saint atau Santo.

Pada tanggal 14 Februari 270 M, Santo Valentino dibunuh karena penentangannya terhadap penguasa Romawi yg saat itu dipimpin Raja Claudius II (268 - 270 M). Untuk mengenang dan mengagungkan kematian Santo Valentino, yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup, dan perjuangan dalam menegakan keNasraniannya, maka para pengikutnya memperingati kematian Santo Valentino sebagai hari besar keagamaan.

Tetapi sejak abad 16 M, hari besar keagamaan tersebut mulai berangsur-angsur hilang dan berubah bukan lagi menjadi perayaan hari keagamaan. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut "Supercalis" yang jatuh pada tanggal 15 Februari. Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani (Kristen), pesta 'supercalis' kemudian dikaitkan dengan upacara kematian Santo Valentino. Peringatan hari kematian Santo Valentino dirayakan sebagai (hari kasih sayang) kemudian dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropa bahwa waktu kasih sayang itu mulai bersemi bagai burung jantan dan betina pada tanggal 14 Februari.

Dalam bahasa Perancis Normandia, pada abad pertengahan terdapat kata "Galentine" yang bererti (galant atau cinta). Persamaan bunyi antara galentine dan valentine menyebabkan orang berfikir bahwa sebaiknya para pemuda mencari pasangan hidupnya dan membuktikan kasih sayangnya pada tanggal 14 Februari. Seiring dengan perkembangam zaman, perayaan kematian seorang 'martyr' yang bernama Santo Valentino mungkin akan terus bergeser jauh dari pengertiannya (jauh dari arti yang sebenarnya). Manusia pada zaman sekarang tidak lagi mengetahui dengan jelas asal usul hari Valentine. Di mana pada zaman sekarang ini orang mengenal Valentine hanya lewat greeting card, pesta persaudaraan, tukar kado (bertukar - tukar memberi hadiah), bahkan banyak diantaranya yg sampai melakukan pesta seks, melakukan hubungan bebas sebagai bukti kasih sayang dan lain sebagainya, tanpa ingin mengetahui latar belakang sejarahnya yang terjadi lebih dari 1700 tahun yang lalu.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa moment (Valentine day) ini pada awalnya adalah hari besar yang dilakukan untuk mengenang dan mengagungkan kematian santo Valentino sebagai pejuang Nasrani, yang kemudian dikembangkan dan dimodivikasi dengan tujuan untuk merusak aqidah dan akhlak orang muslim dan muslimah, sekaligus memperkenalkan gaya hidup bebas orang² barat dengan kedok percintaan, perjodohan dan kasih sayang.

Demikianlah sejarah ringkas dan asal mulanya hari Valentine, mudah²an artikel singkat ini bisa sedikit meluruskan beberapa kekeliruan yang telah kita lakukan. Ane cukupkan sekian dulu postingan singkat dari Blog Berbagi & Bersilaturahmi (B&B) kali ini, Semoga bermanfa'at, Mohon ma'af atas segala kesalahan, kekeliruan, dan keterbatasan yang terdapat didalam blog ini, Tak lupa ane ucapkan Terimakasih yang sebanyak² nya atas waktu yang telah anda luangkan untuk mengunjungi dan memabaca artikel yang terdapat didalam blog ini, selalu Ane tunggu komentar, saran, dan masukan nya untuk kemajuan dan perbaikan blog ini. Wassalamu 'alaikum Wr, Wb...

No comments:

Post a Comment