Sunday, December 14, 2014

Mutiara Kisah Muslimah ZINNIRAH

#IMG

Mutiara Kisah Muslimah Penuh Hikmah Zinnirah


Assalamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh. Sahabat Berbagi dan Bersilaturahmi (B&B) senantiasa dirahmati Allah SWT, Pada suatu hari Ane diminta untuk mengisi disebuah acara dan memberikan sedikit materi singkat bertemakan Kesabaran, Keikhlasan, Keimanan, Keteguhan dan Keistiqomahan seorang muslimah dalam bentuk mutiara kisah singkat atau cerita pendek islami, tapi panitia meminta supaya kisah nya itu kisah yang masih asing ditelinga dan jarang diceritakan supaya membuat pendengar tertarik dan merasa penasaran karena jarang mendengar, Hanya pada saat itu yang membuat ane kurang PD alias (Percaya Diri) adalah pada saat itu Ane belum mempersiapkan materinya karena sangat mendadak dan hanya diberikan waktu 30 menit untuk mempersiapkanya.

Dalam keadaan waktu yang mepet ini, Akhirnya Ane memutuskan untuk mencari materinya dengan meminta bantuan mbah google, setelah beberapa menit ane muter2 dan mencari dirumah mbah google hehehehe..., Akhirnya ane menemukan dan memutuskan untuk mengambil sebuah kisah singkat tentang ZINNIRAH, dan Postingan Ane kali ini adalah garis besarnya saja dari ringkasan kisah Zinnirah, Sengaja Ane Share ulang lagi di blog ini supaya memudahkan buat siapa saja yang kebetulan membutuhkan dan mudah2an bermanfaat buat semuanya, Amin Ya Robbal 'alamin...,

Baiklah untuk mempersingkat waktu dan kuota langsung saja kita meluncur ke TKP, heheheehe.....


Mutiara Kisah Muslimah Penuh Hikmah "Zinnirah"

Mata Kasarnya Buta Tapi Mata Hatinya Melihat dengan sangat jelas, Jalan hidupnya memang dihiasi dengan berbagai cobaan dan ujian berat, tapi akhirnya mengantarkan dirinya kepada rahmat Allah SWT dan keimanan seorang muslimah yang sejati. Kisah ini memberikan inspirasi dan sebuah contoh Kesabaran seorang muslimah dalam mempertahankan Aqidah Islam ketika menghadapi suasana penindasan yang hebat dan ujian yang berat.

Aqidah yang hanya berlandaskan Tauhid kepada Allah SWT adalah harta yang tiada ternilai harganya bagi setiap muslim, Ia adalah cahaya yang menyinari hidup seorang manusia dan penyelamat dalam mengarungi kesengsaraan dan kacau balau pada hari pembalasan kelak.

Sahabat Berbagi dan Bersilaturahmi (B&B) Menurut para ahli sejarah islam mengemukakan, bahwa perkembangan dakwah Rasulullah SAW pada tahap awal banyak dibantu oleh kesabaran kaum muslimin dan muslimat dalam mempertahankan pegangan aqidah mereka, Sikap inilah yang membuahkan hasil yang sangat berharga dalam sejarah perkembangan Islam, sehingga membuat Islam sampai saat ini masih kekal dan terus mekar dalam jiwa setiap umat Islam.

Kisah seorang muslimah sejati yang bernama Zinnirah ini adalah salah satu contoh yang baik dalam pengorbanan seorang muslimah demi mempertahankan aqidah yang telah meresap ke dalam lubuk hatinya diantara sekian banyak kisah muslimah sejati yang lainnya. Beliau dipilih oleh Allah SWT untuk menerima ujian yang cukup berat. Dan beliau menerima hidayah keislaman dari Allah SWT pada tahap awal dakwah Rasulullah SAW, Yaitu semasa baginda Rosululloh Muhammad SAW berdakwah secara sembunyi-sembunyi di kalangan rekan, sahabat karib, keluarga dan orang-orang terdekat baginda Rasulullah SAW. Dalam sejarah Islam, golongan yang pertama memeluk Islam inilah yang banyak menerima ujian dari Allah SWT, Yang salah satunya adalah seorang perempuan bernama Zinnirah. Dia adalah seorang wanita berketurunan bangsa Rom, Beliau telah ditawan dan dijual di sebuah pasar di Mekah, yang akhirnya beliau dibeli oleh Umar Al-Khatab untuk dijadikan hamba sahaya (budak).

Dari segi Fisikalnya, Zinnirah kelihatan seorang perempuan yang lemah, tetapi dari segi spiritualnya beliau mempunyai jiwa yang cukup kuat dan tabah, Rasulullah SAW memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi di kalangan orang-orang tertentu termasuk golongan bawahan. Salah satu diantara mereka yang menerima cahya keimanan ini ialah Zinnirah. beliau telah menerima dengan sepenuh hati, Keikhlasan dan kekhusuan didalam islam, Zinnirah melakukan semua kewajiban dan menjauhi hal yang dilarang islam secara sembunyi-sembunyi karena takut diketahui oleh tuannya Umar Al-Khatab yang pada saat itu belum memeluk agama islam.

Beliau bersholat, berdzikir, membaca Al-Quran, berdoa kepada Allah SWT dengan penuh kekhusuan, keikhlasan, dan kesabaran Semuanya dilakukannya secara berhati-hati dan sembunyi-sembunyi.

Penderitaan dan ujian berat Zinnirah ini bermula setelah tuannya Umar Al-Khatab mengetahui keislamannya, Umar telah merasakan adanya perubahan yang terjadi pada diri budaknya itu. Setelah diselidikinya, nyatalah bahwa Zinnirah telah meninggalkan agama nenek moyang nya dan menerima ajaran tauhid yang dibawa Nabi Muhammad SAW yaitu islam.

Umar Al-Khatab pada saat itu cukup terkenal dengan sikap tegas dalam memusuhi Rasulullah SAW dan agama Islam, Sebelum dia masuk Islam. Beliau (Umar Al-Khatab) selalu mencerca menghina Nabi Muhammad SAW. Beliau menentang dan memusuhi sahabat-sahabat yang telah memeluk Islam dengan sikap berani dan terang-terangan. Dengan sifat keberaniannya inilah sehingga mendorong Rasulullah SAW berdo'a agar salah satu daripada dua Umar di Mekah memeluk agama Islam.

Zinnirah menjadi korban pertama dan bulan-bulanan atas kebencian Umar Al-Khatab terhadap Islam dan kaum muslimin. Tegas dan bengislah Umar menyiksa dan menghukum Zinnirah dengan harapan Zinnirah akan kembali kepada agama asalnya dan meninggalkan Islam. Berbagai siksaan dikenakan terhadap Zinnirah. Cacian, makian, pukulan, tendangan, dijemur di tengah teriknya panas matahari adalah suatu hal yang biasa dialami Zinnirah, Akan tetapi semuanya itu dia hadapi dengan tenang, sabar, dan ikhlas, hati dan jiwanya hanya bergantung penuh terhadap pertolongan dan kasih sayang Allah SWT.

Puncak penderitaan yang dialami Zinnirah ialah saat kedua matanya ditusuk dengan besi panas. Beliau kehilangan kedua matanya dan terpaksa menjalani hidupnya dengan penuh kegelapan karena dia menjadi buta.

Matanya buta, tetapi hati dan jiwanya penuh dengan cahaya keimanan. Keyakinannya terhadap Allah SWT menjadi semangat dan kekuatan dalam menjalani hidupnya dalam menghadapi kesengsaraannya dan azab dari tuannya.

"Ini untukmu Ya Allah, Aku menjalani kesengsaraan ini untuk mendapat kesenangan di akhirat kelak, Perjuangan ini memanglah sangat berat, selalu menderita dan sengsara, karena aku sadar untuk mendapat syurga, aku terpaksa harus melalui ujian berat, sedangkan neraka itu dihiasi dengan berbagai kesenangan".

Inilah rintihan hati Zinnirah kepada Allah SWT ketika bermunajat / berdo'a dan mengadukan segala sesuatu yang dia hadapi kepada Allah SWT di setiap malam sebagai penawar jiwa pengobat duka dari segala kesusahan yang dia hadapi. Sehinga membuat Jiwanya semakin kukuh, dan imannya semakin teguh.

Keteguhan hati dan kesabaran Zinnirah mendapat cercaan dari kaum musyrikin Mekah pada saat itu. Berbagai cacian dan fitnah dilemparkan kepadanya. Mereka mengatakan Zinnirah buta kerana dilaknat oleh tuhan mereka yaitu Latta dan Uzza. Mereka membantah, menutupi, dan memutar balikan kenyataan perihal kebutaan Zinnirah, bahkan mereka menutupi perbuatan keji majikannya, tentunya Allah SWT mengizinkan itu semua terjadi.

Walaupun diuji dengan berbagai penderitaan, keyakinannya kepada Allah SWT tidak berubah, Walaupun disiksa sampai kedua matanya menjadi buta keimanannya terhadap Allah SWT tidak jadi berkurang. Sehingga tepat pada waktu yang telah ditetapkan-NYA, Allah SWT memberi karomah kepada Zinnirah, Matanya yang buta itu dapat melihat kembali dengan kekuasaan dan Kasih sayang Allah SWT. Dia dapat menikmati lagi keindahan ciptaan Allah SWT dengan penuh kesyukuran kepada Allah dan keimanannya pun semakin tinggi, Dengan Taufiq Hidayah Allah SWT pula Umar Al-Khatab akhirnya memeluk Islam tepat pada waktu yang telah ditentukan Allah SWT.

Subhanalloh maha suci Alloh atas segala kekuasaan dan kasih sayangnya, Demikian tadi garis besar dari Mutiara kisah Muslimah Zinnirah, semoga postingan ini bermanfa'at khususnya buat ane pribadi umumnya untuk semua, insya Alloh pada lain kesempatan ane lanjut dengan postingan yang lainnya, terimakasih. Wassalamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.



Mutiara Kisah Muslimah Penuh Hikmah "Zinnirah"
Digital Editing Creativity (B&B) YokiZA'77

No comments:

Post a Comment