Tuesday, July 7, 2015

Materi Ceramah Singkat Kultum tentang SABAR dan SHOLAT


Materi Ceramah Singkat Kultum
tentang "SABAR dan SHOLAT"
.........................................
Oleh: Yoki Wahidin
.........................................

Assalamu 'alaikum Wr, Wb...

===== MUQADIMAH =====

silahkan pilih muqadimah menurut kesukaan anda,
untuk mememilih muqadimah  KLIK DISINI


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِين
َ
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu"
(Q.S.Al-Baqarah:2:45)

Hadirin yang berbahagia,dan yang selalu ane hormati,
Kehidupan manusia didunia ini tidak akan terlepas dari dua hal, yaitu: NIKMAT dan MUSIBAH. Begitu banyak sekali nikmat yang telah diberikan Allah SWT  kepada manusia, sampai - sampai manusia tidak akan pernah mampu untuk menghitung nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada manusia.
Namun terkadang tanpa kita sadari dan harapkan MUSIBAH  pun datang menghampiri sehingga selalu menuntut kita untuk senantiyasa ikhlash dan sabar dalam menghadapi semua itu, seperti musibah kesusahan dan kesedihan. Kedua hal ini yaitu (NIKMAT & MUSIBAH) sangat membutuhkan sekali KESABARAN dalam menerima, menghadapi, menyikapi, dan menjalaninya...

Sabar merupakan salah satu pilar atau tiang kebahagiaan dan kekuatan bagi seorang manusia yang akan memberikan ketenangan jiwa, ketentraman hati, dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian dalam hidup yang sedang kita jalani ini.

Sebenarnya bila dilihat dari hikmah dan manfa'atnya MUSIBAH pun adalah salah satu bentuk dari kasih sayang Allah SWT yang diberikan kepada hambanya, bila manusia bisa memandang positif dan mengambil hikmahnya. karena dengan musibah yang diberikan Allah SWT kepada hambanya, itu akan membuat manusia menjadi lebih baik, lebih kuat, dan lebih bijaksana, bagi orang yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari musibah yang Allah SWT berikan.

Memang tidak mudah bagi seorang manusia untuk bisa sabar, ikhlash, kuat dalam menghadapi musibah, dan mengambil hikmah pelajaran dari semua itu, kecuali bagi orang - orang yang telah mendapat hidayah KEKHUSUAN dan SABAR dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam kitab suci Alqur'an yang terdapat pada surat Albaqoroh ayat 45 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِين
َ
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu"
(Q.S.Al-Baqarah:2:45)

Ada hal menarik yang perlu diperhatikan dalam ayat ini, dimana SABAR disebutkan lebih dahulu daripada SHALAT, padahal kita semua sudah mengetahui kalau "shalat adalah tiang agama" mengapa... ??.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, menjawab:

Allah SWT mendahulukan sabar karena sabar itu lebih luas pengertiaannya dari shalat.
- Shalat adalah ibadah tertentu,
- Sedangkan sabar lebih luas pengertianya.
Bahkan shalat adalah bentuk perwujudan dari sabar, karena shalat adalah bentuk keta'atan seorang hamba terhadap Robb Nya yaitu kepada Allah SWT.

"PENGERTIAN SABAR"

- SABAR menurut ilmu bahasa adalah berasal dari kata shobaro - yahsbiru ( terambil dari tiga kata arab yaitu SHO-BA-RO yang berarti MENAHAN,

- Sedangkan menurut istilah SABAR adalah: menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya / mengambil hikmahnya sesuai dengan syari'at islam dan akal sehat. Menjaga hati, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa. 

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

“Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh"

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah berkata:

"Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir dan ketentuan Allah SWT"

"MACAM - MACAM SABAR"

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata:
Sabar itu terbagi menjadi 3 macam:
(1). Bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah SWT,
(2). Bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan / dilarang Allah SWT,
(3). Bersabar dalam menghadapi takdir atau ketentuan Allah SWT yang dialaminya, berupa berbagai hal yang menyakitkan dan gangguan yang timbul di luar kekuasaan manusia ataupun yang berasal dari orang lain.

Ane cukupkan sekian dulu postingan singkat ini, Semoga bermanfa'at, Mohon ma'af atas segala kesalahan, kekeliruan dan keterbatasan didalam blog ini, Tak lupa ane ucapkan Terimakasih yang sebanyak² nya atas waktu yang telah anda luangkan untuk mengunjungi dan memabaca artikel yang terdapat didalam blog ini, Selalu Ane tunggu komentar, saran, dan masukannya untuk kemajuan dan perbaikan blog ini. 
Wassalamu 'alaikum Wr, Wb... 

 Untuk melihat Daftar isi dan Postingan lainnya DISINI 

Kembali Ke Halaman Utama KLIK DISINI
 
 

4 comments: